Pengalaman: USB Laptop Asus X452E Tidak Berfungsi Setelah Diinstal

USB Laptop Asus X452E Tidak Berfungsi Setelah Diinstal=>Hari ini, meskipun badan tidak terlalu fit, saya masih menyempatkan diri untuk menulis artikel tentang komputer. Entah mengapa, tanpa menulis di blog ini sehari saja, rasanya seperti ada yang kurang pas dalam hari-hari saya.

instal laptop asus x452e

Tapi ya sudahlah, sekarang kita lanjut saja pada apa yang akan saya bagikan kali ini. Dan tulisan yang saya tulis sekarang ini adalah tentang pengalaman saya menginstal laptop asus x452e ya sobatku.. Silahkan dibaca sampai tuntas.

Awalnya saya menginstal laptop asus x452e milik pelanggan. Kendala pertamanya adalah, saya sudah lupa bagaimana cara masuk bios laptop asus x452e. Tapi itu bisa teratasi. Kendala kedua setelah instal laptop asus x452E adalah, colokan USB laptop asus menjadi tidak bisa digunakan. Wah, berarti ini adalah masalah yang cukup serius. 

Mengapa tidak bisa digunakan untuk mencolokkan flash disk dll? Karena Port usb pada laptop asus x452E sudah menggunakan USB 3.0 yang lebih terbaru. Jadi, kalau USB 3.0 ini tidak diinstal drivernya, maka usb tersebut tidak bisa digunakan.

Saat instal laptop asus x452E baru-baru ini saya juga sempat pusing. Masalahnya adalah, pelanggan pemilik laptop tersebut tidak memiliki DVD driver bawaan laptopnya. Ada sih driver yang saya download sebelumnya. Tapi saya simpan di dalam flash disk. Jadi bagaimana coba cara menginstalnya kalau USB laptopnya saja tidak bisa digunakan.

Walah, sempat bingung sih dibuatnya. Akhirnya, untung saya punya ide bagus untuk menginstal USB 3.0 di laptop asus tersebut menggunakan DRIVER Pack 13 yang saya burning ke DVD. Penginstalan pun akhirnya berhasil. Namun, usb di laptop asus masih belum berfungsi, sehingga flash disk dan hard disk eksternal yang saya bawa belum bisa terbaca.

Setelah itu saya mencoba menginstal driver pack 14 di laptop asus tersebut. Karena driver packnya di dalam hard disk eksternal, pusing lagi nih mencari jalan supaya hard disk itu bisa kedetek di laptop tersebut.

Putar otak kiri, putar otak kanan sampai hampir tertukar he he.. Tapi yang namanya teknisi komputer harus punya banyak siasat dong.. Alhamdulillah, hard disk tersebut bisa juga dibaca di laptop asus x452e yang sementara digarap. Caranya, menggunakan mini windows yang dibooting di DVD. Nah, setelah hard disk terbaca di laptop, barulah driver pack 14 dicopy ke laptop lewat mini windows tadi. Setelah itu laptop direstart agar masuk windows dengan normal. Setelah masuk windows, baru deh driver pack yang sebelumnya dicopy ke laptop boleh diinstal.

Alhamdulillah, kali ini penginstalan driver USB 3.0 di laptop asus x452e berhasil. Dan usb pun bisa digunakan untuk mencolokkan flash disk. Jadi, setelah flash disk berhasil terdeteksi barulah laptop tersebut diinstal pakai driver aslinya yang saya download tadi.

Setelah USB laptop terdeteksi alias bisa digunakan, saya pun merasa lega. Penginstalan menjadi lancar, dan tentunya menbambah pengalaman baru. Setehnya tidak ada kesulitan yang berarti lagi sampai penginstalan laptop asus x452e selesai.. :)

Jadi ceritanya seperti itu juragan. Ini adalah pengalaman instal laptop asus x452e baru-baru ini. Semoga tulisan sederhana ini bsa bermanfaat untuk Anda ya.. :)

1 komentar so far

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon