Kekurangan Dan kerusakan yang sering terjadi pada Wireless Router TP-Link tl-wr740n

Kekurangan Wireless Router TP-Link tl-wr740n-Karena hampir setiap hari saya selalu berhubungan dengan tp link, (sejak saya kerja di profider internet), maka saya jadi tahu banyak dengan wifi tersebut termasuk kekurangannya. Tapi, mohon maaf ya.. artikel ini bukan berarti untuk mejelekkan merek tp-link lo sobatku.. cuma ingin sekedar berbagi pengalaman saja. 


kekurangan wifi tplink tl-wr740n

Jadi, saya jelaskan sedikit bahwa kebanyakan alat wireless yang dipakai (di profider tempat saya bekerja) kalau tidak merek D-link ya TP-link. Harus diakui, kedua merek tersebut cukup populer, banyak digunakan dan tentunya telah terbukti bagus sehingga perusahaan tempat saya bekerja pun lebih banyak menggunakan kedua merek tersebut.

Nah, dari situ, tentu saya mengetahui adanya permasalahan-permasalahan yang sering terjadi dari kedua wireless tersebut. Namun, saya hanya ingin berbagi tentang kekurangan tp-lin tl-wr740N saja ya sobat. Bukan yang D-link.

Permasalahan yang sering terjadi pada wireless tp link tl-wr740N adalah, sering terjadi kerusakan pada firmwarenya. Firmware itu perangkat lunak alias software. Hanya saja, ia ditanam secara tetap di perangkat elektronik termasuk wireless yang sedang kita bahas kali ini.

Nah, pada wireless tp link, firmware inilah yang sering bermasalah. Jadi saya harus tegaskan ya sobatku, yang bermasalah adalah firmwarenya, bukan hardware atau perangkat kerasnya.

Ciri-ciri kerusakan firmware pada wireless tp link tl-wr740N seperti: sering putus-putus koneksinya kalau dipakai internetan, kadang konek kadang tidak, dan sering asik-asik internetan langsung internet tidak konek.

Itu terjadi setelah wifi tp-link tl-wr740N tersebut sudah beberapa lama dipakai. Yang jelas, kebanyakan (atau semua) wifi tp-link jenis tersebut semuanya akan mengalami hal seperti itu.

Solusi untuk mengatasinya ya hanya dengan cara meng-upgrade firmwarenya dengan yang terbaru, dengan firmware dari openwrt.org. Hanya saja, untuk cara upgrade firmware wifi tp-link tl-wr740N tersebut belum bisa saya bagikan untuk Anda saat ini. Inysa Allah saya akan menuliskannya kalau sudah ada kesempatan.

Cuma itu saja kok sobatku kekurangan wifi tp-link ini. Selebihnya sepertinya belum ada.

CATATAN: Saya pertegas lagi ya, wifi tp-link tl-wr740N tersebut memang sering mengalami kerusakan seperti yang telah saya jelaskan di atas. Namun, itu hanya pada firmwarenya. Jadi kalau masalah hardware atau perangkat kerasnya, wifi ini tergolong tangguh. Buktinya saja sampai artikel ini saya tulis, profider internet tempat saya bekerja masih menggunakan wifi merek tp link, bahkan dengan tipe yang sama, yaitu tlwr740n. 

Kalau masalah firmware jangan terlalu dikhawatirkan. Insya Allah setelah diupgrade, maka masalah sebelumnya yang kadang konek kadang tidak itu akan hilang. Saya telah membuktikan sendiri terhadap banyak wifi jenis ini.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan kali ini.. Tunggu update artikel terbaru saya yang lainnya ya sobatku.. Monggo dishare kalau bermanfaat.. Tapi ingat, dont copy paste.. :v

5 komentar

Baru aja saya mengalami hal tersebut, dan baru benar 30 menit yang lalu. Pengalaman pertama Firmware rusak setelah pakai sekitar 5 tahun...

iya gan, firmware tp link tlwr750 N biasanya akan rusak kalau lama..

wifi saya di rumah gk bisasinyal wifi muncul dan wifi sudah konek di hp danlaptop saya, tpi kenapa kok hk bisa buat browsing gan?bagaimana cara mengatasinya.....

kok bahasanya aku gak ngerti gan,, tolong diperjelas.. :)

misi gan klw tl_wr740n sya biar bahasa indo gmna caranya yah mksh..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon