Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Hai sobat, pada kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi tentang tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak. Memang sih, ini hanya tips sederhana. Tapi kalau disimak, Insya Allah ada juga kok manfaatnya. Oleh karena itu, tetap membaca artikel ini sampai tuntas adalah hal yang cukup saya sarankan kepada Anda.

Mengapa kita perlu merawat baterai laptop? Ya karena semua pasti menginginkan agar baterai laptop/notebook yang dimiliki bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya, dan kalau digunakan masih bisa untuk bermain berjam-jam tanpa harus dicolok charger ke listrik. Apakah Anda juga menginginkan hal itu? Jawabannya adalah "pasti". Iya kan?


cara merawat baterai laptop agar tetap awet

Yang namanya baterai pada laptop itu sangat penting lo sobatku. Karena kalau laptop tanpa baterai, ya sama saja seperti komputer pc, yang kalau lampu mati ya laptop langsung mati (jika tanpa UPS). Dan kalau baterai laptop sudah cepat lowbat, maka akan sulit kalau digunakan untuk bekerja di lapangan menggunakan laptop. Kan tidak mungkin kesana kemari bekerja di lapangan harus melakukan cas terus terhadap laptop kita. Kan ribet jadinya.

Sebagai contoh: Saya adalah orang yang kerjanya memperbaiki koneksi internet di rumah orang. Nah, kalau baterai laptop saya hanya mampu bertahan dalam hitungan menit saja, otomatis saya yang susah kan. Harus cari stop kontak segala lah, cari charger lah, intinya supaya bisa menghidupkan laptop yang akan saya pakai ini. Tentu beda kan kalau baterai laptop saya masih bagus? Kan saya tidak perlu lagi repot-repot mencari colokan listrik.

Oleh karena itu, menjaga agar battery laptop Anda awet dan tetap tahan lama adalah wajib hukumnya bagi pengguna laptop. Jadi, bagaimana caranya? Baca deh di bawah ini.


Tips Sederhana Cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama

1. Jangan sering mencabut pasang baterai laptop

Tips merawat baterai laptop yang pertama adalah, jangan sering melakukan cabut pasang baterai laptop Anda kalau tidak perlu. Biarkan saja baterai tetap terpasang saat Anda gunakan untuk bekerja, atau melakukan hal-hal lainnya.

Mencabut dan pasang kembali baterai laptop terlalu sering justru dapat membuat baterai laptop cepat rusak. Biasanya, baterai akan cepat menjadi full saat diisi, dan menjadi cepat lowbat saat digunakan. Untuk pengetahuan lebih lanjut, silahkan baca ciri baterai laptop bermasalah

2. Cas dalam keadaan Laptop hidup

Untuk melakukan pengisian daya atau charging terhadap baterai laptop Anda, alangkah baiknya kalau laptop dalam keadaan hidup. Ini menurut saya lo ya.. Karena pada saat laptop hidup, Anda dengan mudah bisa mengetahui kalau baterai yang dicas telah penuh. Dan setelah mengetahuinya, Anda pun harus mencabutnya.

Kalau ada yang mengatakan bahwa ngecas laptop itu bagusnya dalam keadaan mati, ya silahkan diikuti kalau Anda mau. Cuma saya berpendapat bahwa laptop itu tidak sama dengan HP, yang HP itu memang lebih baik dicas dalam keadaan mati. Sebab pengontrol daya baterai pada laptop tidak sebaik HP. Jadi, kalau Anda memaksakan mengisi daya untuk laptop Anda dalam keadaan mati, dikhawatirkan saat pengontrol daya laptop telah bermasalah, maka pengisian daya di baterai Anda menjadi over alias berlebihan.

Sebab saya pernah mendapatkan kasus laptop milik pelanggan seperti itu. Katanya dicas terlalu lama, sehingga baterainya pun membengkak dan malah sulit dikeluarkan dari tempatnya. Bahkan, kasus seperti ini bukan hanya sekali lo sobat. Tapi beberapa kali. Ini membuktikan kalau meskipun pada laptop terdapat pengontrol arus otomatis, tetap saja kalau ia bermasalah ya imbasnya juga bakal berpengaruh ke baterai itu sendiri.


3. Kalau Baterai Laptop Sudah panas, Matikan Laptop

Tips yang ketiga adalah, Anda harus mematikan dan mengistirahatkan  laptop Anda kalau kiranya laptop Anda telah panas. Untuk mengetahuinya, silahkan sentuh saja pada bagian baterai laptopnya. Kalau panasnya telah berlebihan, ya berarti Anda harus menghentikan sesaat kegiatan Anda. Apakah Anda sedang main game atau bekerja, paling tidak istirahatkanlah laptop Anda sampai menjadi dingin.

Kalau Anda tetap  memaksa laptop Anda dalam keadaan panas seperti itu, dikhawatirkan baterai akan melembung/membengkak, baterai tidak mau mengisi, yang pada akhirnya akan rusak. Tips dari saya, gunakan juga kipas pendingin laptop agar suhu laptop Anda tidak terlalu panas saat digunakan.


4. Buka Baterai Laptop Dan simpan

Jika Anda ingin benar-benar membuat baterai laptop kesayangan Anda tetap awet dan bisa digunakan berjam-jam meskipun umurnya sudah 3 tahunan, caranya simpel sekali. Saat Anda menggunakan laptop, apakah untuk bekerja atau bermain game, buka saja baterainya dan simpan. Hidupkan dan pakai laptop dengan menggunakan cas ke listrik secara langsung tanpa baterai. Dalam hal ini berarti baterai tidak digunakan lo ya.
Cara ini sangat benar sekali. Sebab logikanya kalau barang jarang digunakan kan tidak cepat rusak. Bukan begitu? Yak, kebanyakan!

Saya sendiri juga mendapatkan kenyataan dari seorang pelanggan yang pernah datang ke tempat saya bekerja dulu. Kebetulan laptopnya adalah axioo kalau tidak salah. Saya heran saja dengan laptopnya. Padahal laptop ini jenisnya sudah tua. Tapi baterainya masih bagus dan bisa dipakai selama berjam-jam. Pas saya tanya apakah sudah pernah ganti baterai, pemiliknya bilang belum pernah. Nah, saya tanya kenapa bisa awet? Kata pemiliknya karena kalau laptop dipakai baterainya dilepas.

Nampaknya ini adalah sesuatu yang masuk di akal. Tapi, Anda harus memperhitungkan untung ruginya ya sobat. Sebab memakai charger langsung ke listrik tanpa adanya baterai akan beresiko terhadap kerusakan beberapa komponen hardware di laptop Anda. Dan bisa jadi, komponen yang akan rusak harganya lebih mahal dibanding harga baterai laptop Anda.

Mengapa komponen lain bisa cepat rusak kalau colok langsung dari adaptor tanpa baterai? Sebab yang pertama arus dari charger akan langsung masuk semuanya ke mainboard. Otomatis, arus yang (bisa jadi) tidak stabil akan membuat mainboard menjadi bermasalah. Dan jika mainboard bermasalah, harganya lebih mahal dibanding baterai laptop yang baru. 

Yang kedua, saat mati lampu kan otomatis laptop akan mati mendadak. Nah, kalau hal ini sering terjadi maka hard disk Anda akan menjadi bad sector dan cepat rusak. 

Yang jelas, untuk cara yang keempat ini saya tidak merekomendasikannya kepada Anda. Tapi kalau ada mau mengikutinya, ya silahkan saja. Tentu, resikonya bukan saya yang tanggung lo ya he he..


Oke sobatku, silahkan diterapkan tips sederhana dari saya ini. Semoga tips merawat baterai laptop ini berguna untuk Anda. Kan tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu. Toh kalau baterai laptop Anda tahan lama kan enak jadinya. Anda tidak perlu repot-repot menenteng cas ke mana-mana.

Demikian tulisan saya tentang Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak, semoga bermanfaat untuk Anda. Sekiranya ada kekurangan, mohon ditambahkan untuk perbaikan lebih lanjut pada artikel ini atau artikel saya yang terbaru lagi. Semangat belajar komputer ya.. :)

2 komentar

mksih gan atas masukan dan ilmunya sangat bermanpaat

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon