Mengenal Pengertian Dan Fungsi Hard Disk Komputer

Mengenal pengertian dan fungsi hard disk=> Di dalam dunia komputer, terdapat satu alat yang tidak asing lagi di telinga kita yaitu hard disk. Perlu Anda ketahui bahwa hard disk digolongkan kedalam perangkat hard ware, atau perangkat keras di dalam komputer.


fungsi hard disk


Hard disk merupakan komponen di dalam komputer yang memiliki peran yang sangat vital untuk menunjang kinerja komputer. Bahkan tanpa alat ini, maka komputer atau laptop Anda hampir-hampir sulit untuk dioperasikan. Mengapa? karena itu tadi, fungsinya yang sangat penting.

Sebelum lebih jauh mengetahui fungsinya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa pengertiannya. Silahkan dibaca lebih lanjut.

Pengertian hard disk komputer


Hard disk atau hdd (hard disk drive) adalah perangkat keras di dalam komputer atau laptop, yang bekerja secara sistematis menjadi media penyimpanan data. Kemudian data-data yang tersimpan di dalam hard disk tidak akan hilang sebab hard disk memiliki peranan yang dapat menyimpan data scara permanen.

Nah, Anda telah mengetahui pengertian hard disk. Sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui apa fungsinya. Sebab dengan mengetahui fungsinya lebih dalam, paling tidak Anda lebih banyak tau lagi tentang alat ini. Berikut penjelasannya.

Fungsi hard disk komputer

Secara umum fungsi hard disk adalah untuk menyimpan data-data secara permanen. Artinya data yang telah tersimpan di dalam hard disk, tidak akan hilang meskipun komputer atau laptop dimatikan.

Bukan hanya untuk menyimpan data, fungsi hard disk yang lebih besar lagi adalah sebagai tempat memasukkan system operasi pada komputer. Jadi ketika system operasi di instal bersama program aplikasi lainnya, maka masuknya ya di dalam hard disk.

Oleh karena itu, jika tanpa hard disk tentunya komputer atau laptop Anda tidak bisa dioperasikan dengan baik. Sebab, tanpa alat ini tentu tidak ada system operasi di dalam komputer. Jika sebuah komputer tidak ada system operasinya, bagaimana Anda mau bekerja? tidak bisa kan?

Seiring dengan perkembangan teknologi hard disk, piranti keras ini tidak hanya digunakan sebagai media penyimpanan internal saja. Melainkan telah dikembangkan menjadi produk baru yaitu hard disk external yang mudah dibawa ke mana-mana. Dengan menggunakan kabel USB untuk menghubungkannya ke komputer, tentunya ini lebih mudah karena dengan kapasitas penyimpanan yang besar, Anda bisa membawa data-data di dalam komputer hanya dengan alat yang kecil.

Baca juga: Tips Memilih Untuk Membeli Hard disk Eksternal Yang Bagus

Baiklah, saya rasa cukup sekian artikel saya tentang mengenal pengertian dan fungsi hard disk pada komputer, semoga bermanfaat. Seperti biasa jika ada kekurangan mohon ditambahkan melalui komentar. Terima kasih telah berkunjung..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon